ASEAN Economic Community, Akankah Berhasil?

AEC atau ASEAN Economic Community adalah organisasi dengan tujuan integrasi ekonomi regional. Meskipun gagal memenuhi tenggat waktu pada tahun 2016, komunitas telah menetapkan tenggat waktu lain pada tahun 2025. Akankah mereka berhasil kali ini, atau akankah mereka mengulang sejarah mereka?

  • AEC dan Batas Waktu
    Meskipun merupakan komunitas negara-negara ASEAN, AEC biasanya juga digunakan untuk merujuk Blueprint. Bagaimanapun, komunitas menciptakan tujuan dan tenggat waktu untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masing-masing anggota menjadi standar. Standar ini diharapkan cukup untuk integrasi ekonomi regional.
  • Kegagalan Masa Lalu
    AEC telah mengalami kegagalan dalam agenda-agenda sebelumnya. Misalnya, Blueprint pertama 2016 adalah suatu kegagalan. Tidak hanya beberapa negara tidak benar-benar memenuhi tenggat waktu, tetapi ada juga keterlambatan dalam mereformasi penyatuan karena membutuhkan waktu dan upaya untuk mengubah aturan di masing-masing negara untuk meresmikan perjudian online. Beberapa masalah seperti pembukaan casino online dan lowongan untuk pekerja tidak terampil juga tidak terselesaikan. Namun, terlepas dari kesalahan tersebut, AEC tidak sepenuhnya gagal. Ekonomi ASEAN masih tumbuh dalam tenggat waktu, terutama di negara-negara yang memenuhi tujuan awal. Pertumbuhan ASEAN di Asia lebih cepat dibandingkan dengan Timur Tengah dan PDBnya.
  • Blueprint 2025
    Berusaha untuk memperbaiki kegagalan masa lalunya, AEC menciptakan Blueprint baru untuk tahun 2025 mendatang. Berdasarkan peningkatan tujuan, Blueprint 2025 kurang ambisius dibandingkan dengan Blueprint sebelumnya. Perubahan ini dibuat agar sesuai dengan kemampuan ASEAN untuk mendorong perkembangan individu mereka. Tujuan utama tenggat 2025 adalah untuk mempersempit kesenjangan ekonomi antara si kaya dan si miskin, menghubungkan lebih banyak pasar, meningkatkan pendidikan, dan meningkatkan mobilitas orang dan barang di seluruh ASEAN. Tenggat waktu juga direncanakan untuk mengurangi hambatan nontarif sambil meningkatkan pelaksanaan fasilitasi perdagangan.
  • Akankah Berhasil?
    Tentunya, agenda baru lebih realistis daripada Blueprint 2016. Tetapi apakah ini akan berhasil? Tentu saja, itu tergantung pada sikap negara. ASEAN, bagaimanapun, terkenal karena tidak mengambil tindakan yang tepat pada rencana yang mereka keluarkan, jika tidak menambahkan lebih banyak rencana dan melupakan yang sebelumnya. Jika mereka fokus, batas waktu 2025 kemungkinan akan dipenuhi, jika tidak dilampaui.
ASEAN Economic Community

Masih belum jelas apakah AEC akan berhasil mencapai tenggat waktu yang akan datang. Namun, Blueprint 2025 jauh lebih realistis dan mudah-mudahan lebih mudah dijangkau oleh anggota AEC. Bahkan jika tenggat waktu tidak terpenuhi pada akhirnya, situasi ekonomi AEC pasti akan terus membaik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DIKELOMPOKKAN MENURUT BISNIS

Logistik, Tenaga Kerja, Pariwisata, UKM Transportasi, biji-bijian, pertanian, kendaraan transportasi IT, medis, pengolahan makanan, makanan, karet & pakaian.

MENURUT NEGARA

CLMV Myanmar , Laos, Kamboja , Indonesia, Vietnam, Singapura , Malaysia, Filipina ລາວ Thailand , Brunei, China, Korea , Jepang, India.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
shares