Pasar Terbuka Sebagai Target ASEAN Economic Community

Pasar Terbuka Sebagai Target ASEAN Economic Community – Masyarakat Ekonomi ASEAN adalah program dari ASEAN untuk mengembangkan anggota di sektor ekonomi. Ada AEC Blueprint yang merupakan beberapa target yang diharapkan akan tercapai pada tahun 2025. Salah satu targetnya adalah membangun pasar terbuka untuk anggota ASEAN.
• Manfaat Pasar Terbuka
Hanya mengambil contoh dari Uni Eropa, AEC juga menempatkan pasar terbuka sebagai salah satu targetnya. Pasar terbuka tampaknya menguntungkan dan memang menguntungkan, terutama untuk industri rumah tangga yang ingin menjual produknya ke negara lain.

Dengan mengambil keuntungan dari pasar terbuka, pengusaha dapat memiliki produknya dijual di negara lain tanpa khawatir tentang biaya ekspor. Sebagai contoh, produk dari Thailand dapat dengan bebas masuk dan dipasarkan di Indonesia. Kemudian, itu juga berarti bahwa pengusaha dapat membantu dalam pengembangan ekonomi negara mereka sendiri.

Lalu lintas produk mungkin lebih mudah di antara negara-negara tersebut dan tidak ada aturan yang lebih ketat yang membatasi perdagangan intra. Jadi, pasar dibuka secara luas hanya untuk negara-negara ASEAN, tetapi tidak untuk negara yang bukan anggota. Itu tidak berarti bahwa produk-produk dari negara-negara anggota lain dapat dengan bebas datang di negara-negara anggota lain, masih ada peraturan tetapi masih, itu akan lebih mudah dari sebelumnya.

Pasar terbuka juga dapat menyambut investor untuk memiliki investasi di negara-negara ASEAN lainnya lebih dari sebelumnya. Karena menghapus aturan ketat itu, para investor dapat berinvestasi lebih bebas dan itu berarti akan ada manfaat yang tidak diragukan bagi kedua belah pihak.

• Sesuatu untuk Dipikirkan Lebih Lanjut
Meskipun pasar terbuka tampaknya penuh manfaat, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan lebih lanjut. Produk lokal harus siap bersaing dengan produk lain dari negara lain. Jika mereka tidak siap, produk dari negara lain mungkin lebih populer daripada lokal dan itu berarti bahwa perkembangan ekonomi negara itu mungkin terancam.

Ini juga merupakan awal dari kompetisi global dan negara-negara yang tidak dapat bersaing dengan baik akan tersingkir. Itu bisa membuat kondisi ekonomi satu negara lebih buruk dari sebelumnya. Jadi, harus dikaji lebih lanjut apakah negara-negara ASEAN siap untuk pasar terbuka atau tidak.

Akan ada proses dinamis yang pasti akan berubah sementara itu, tetapi tujuan untuk memiliki pasar terbuka di antara negara-negara ASEAN adalah langkah pertama yang baik bagi para anggota untuk tumbuh bersama, terutama dalam hal ekonomi. Semoga pertemuan AEC Blueprint di Thailand tahun ini akan mencapai kesepakatan lain yang akan menumbuhkan ekonomi anggota ASEAN.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

DIKELOMPOKKAN MENURUT BISNIS

Logistik, Tenaga Kerja, Pariwisata, UKM Transportasi, biji-bijian, pertanian, kendaraan transportasi IT, medis, pengolahan makanan, makanan, karet & pakaian.

MENURUT NEGARA

CLMV Myanmar , Laos, Kamboja , Indonesia, Vietnam, Singapura , Malaysia, Filipina ລາວ Thailand , Brunei, China, Korea , Jepang, India.

Do NOT follow this link or you will be banned from the site!
shares